Pages

Thursday, September 27, 2018

Kebakaran Gerbang Tol Penjompongan Diduga karena Korsleting Listrik AC

JAKARTA, iNews.id – Musibah kebakaran terjadi di Gerbang Tol Pejompongan, Jakarta Pusat, yang berada persis di depan kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Petugas piket Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Sudin Damkar) Jakarta Pusat, Unggul Wibowo mengatakan, dugaan awal kebakaran disebabkan korsleting listrik dari pendingin ruangan atau air conditioner (AC) di gerbang tol itu.

Dia menduga percikan api muncul dari AC kemudian menjalar ke seluruh bagian gerbang jalan bebas hambatan tersebut. “Dugaan sementara korsleting listrik dari pendingin ruangan,” kata Wibowo saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (27/9/2018).

Lelaki itu menuturkan, tim damkar berhasil memadamkan api setelah berjibaku selama hampir 40 menit. Menurut Wibowo, saat timnya memadamkan api di lokasi, mereka agak terkendala oleh padatnya arus lalu lintas. Karenanya, Sudin Damkar Jakarta Pusat harus menerjukan belasan mobil damkar ditambah sejumlah mobil pendukung lainnya.


“Posisi unit damkar kami sebenarnya berdekatan semua dengan lokasi kejadian. Tapi karena lalu lintasnya padat sekali, jadi terkendala. Selain itu, sumber air juga susah makanya kami libatkan 12 unit  ditambah dua mobil pendukung,” ungkapnya.

Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP H Gunawan menjelaskan, saat berlangsungnya proses pemadaman api oleh petugas damkar, polisi sempat menutup sementara jalan raya di sekitar lokasi, baik pintu masuk tol maupun jalan arteri. Hal itu kemudian menyebabkan terjadinya kemacetan yang panjang.

“Tadi waktu pemadaman sempat ditutup, karena ini di pinggir jalan. Makanya tadi kepadatan (kendaraan) sampai ke Tomang (Jakarta Barat),” kata dia.

BACA JUGA:

Pintu Gerbang Tol Pejompongan Terbakar, Lalin Tersendat

7 Mobil Damkar Berhasil Padamkan Kebakaran Gerbang Tol Pejompongan


AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, memastikan kebakaran yang terjadi di Gerbang Tol Pejompongan sudah tertangani. Tidak ada korban dalam musibah tersebut.

“Saat ini api sudah dapat dipadamkan dan tidak ada korban luka maupun jiwa. Untuk memastikan arus lain tidak terganggu, Jasa Marga memastikan penanganan kejadian sesuai dengan standard operation procedure (SOP) penanganan kejadian darurat kebakaran,” ujarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/261261/kebakaran-gerbang-tol-penjompongan-diduga-karena-korsleting-listrik-ac

No comments:

Post a Comment