Pages

Wednesday, September 26, 2018

Portal SSCN untuk CPNS 2018 Sulit Diakses? Ini Tips dari BKN

JAKARTA, iNews.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan sejumlah tips kepada pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) supaya mudah saat melakukan registrasi akun di SSCN.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, lambatnya portal saat diakses merupakan hal yang normal mengingat diakses oleh banyak orang di saat yang sama. Sejauh ini, kata dia, portal masih berjalan dengan normal.

"Sampai saat ini masih belum tumbang, mudah-mudahan tidak ada. Kalau perkara agak lambat dan sebagainya itu mungkin dinamis saja," ujarnya di kantornya, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

BACA JUGA:

BKN Prediksi Pendaftar CPNS 2018 Maksimal 8 Juta Orang

Hingga Siang Tadi, Total Pendaftar CPNS 2018 Tembus 555.048 Orang

Rabu ini merupakan hari pertama pendaftaran CPNS dan akan berlangsung hingga 10 Oktober mendatang. Berdasarkan seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya, Ridwan memiliki beberapa tips untuk pelamar yaitu

1. Gunakan PC atau Laptop

Pada saat registrasi, pelamar disarankan gunakan laptop atau komputer agar menghindari kesalahan. Pasalnya, kecilnya ukuran layar telepon genggam atau tablet sangat rentan membuat kesalahan. "Kami sarankan buka (portal SSCN) pakai komputer atau desktop atau laptop," kata Ridwan.

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Berhubung portal banyak yang mengakses dari seluruh Indonesia, maka pelamar harus berlomba-lomba dengan pelamar lainnya. Sementara itu, kebanyakan kendala yang dialami pelamar saat registrasi adalah ketidakmunculan captcha.

Hal tersebut dikarenakan koneksi internet yang dipakai pelamar tidak stabil. "Karena itu, kita katakan berlomba. Memang di mana-mana sistem online begitu tapi prinsipnya pasti bisa asalkan pakai internet koneksi stabil," ucapnya.

3. Registrasi di Jam Tertentu

Berdasarkan seleksi CPNS tahun lalu, ada jam-jam tertentu di mana portal SSCN banyak diakses. Untuk itu, dia menyarankan pelamar jeli dalam melihat peluang saat portal sepi diakses.

"Imbauan saya, kita melihat histori tahun lalu, itu pasti hari H jam saat dibuka itu overshot kemudian setelah 4-5 jam turun drastis," kata dia.

Pada tanggal 19 September lalu, ida menemukan pukul 04:30 - 06:30 WIB adalah saat di mana portal sepi diakses. Pasalnya, pada pukul 00-03 WIB dini hari para pelamar banyak yang berebut akses untuk registrasi

"Kalau kami lihat traffic kami, pelamar berbondong-bondong (mengakses) pada tanggal 19 jam 12:00-03:00 WIB. Sementara setelah lelah, menyerah semua justru turun 1/10 nya dari overflow jam itu," ungkapnya.

4. Jangan Terburu-Buru

Selain itu, pelamar juga diminta jangan terburu-buru saat mengunduh berkas-berkas yang diperlukan ke portal SSCN. Dengan demikian, sebelum registrasi diperlukan mempersiapkan berkas dan pastikan instansi dan lowongan apa yang dijadikan target.

"Ketika nanti melakukan registrasi langsung ditindaklanjuti dengan memilih formasi kalau kebetulan instansinya ada ya sudah jangan lama-lama di situ," ucapnya.

Dengan bersikap tenang selama registrasi juga membuat pelamar tidak salah mengunduh berkas. Jangan sampai mengunduh foto diri di bagian untuk transkrip nilai.

"Anjuran tidak melakukan keburu-buruan supaya tidak hectic. Oleh karena itu siapkan dulu semuanya jangan salah upload," tutur dia.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/finance/read/260741/portal-sscn-untuk-cpns-2018-sulit-diakses-ini-tips-dari-bkn

No comments:

Post a Comment