Pages

Sunday, June 30, 2019

AP II Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Domestik

JAKARTA, iNews.id - Bandara Kertajati siap melayani penumpang dan kargo setelah seluruh penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara dipindahkan ke bandara tersebut. Seluruh fasilitas pendukung bandara sudah disiapkan.

VP Corporate Communications PT Angkasa Pura II (Persero), Yado Yarismano mengatakan, persiapan sudah dilakukan agar pengalihan penerbangan dari Bandara Husein berjalan dengan lancar. Seluruh fasilitas dan layanan di sejumlah area mulai dari keberangkatan dan kedatangan hingga transportasi publik sudah tersedia.

"AP II selaku operator Bandara Kertajati berkomitmen penuh menghadirkan standar tinggi pelayanan sehingga Kertajati dapat menjadi kebanggaan masyarakat khususnya Jawa Barat,” ujar Yado, Minggu (30/6/2019).

Executive General Manager AP II Bandara Internasional Kertajati, Ibut Astono mengatakan, fasilitas di Bandara Kertajati, baik utama maupun pendukung sudah siap melayani penerbangan. Saat ini, jumlah meja check-in sudah disiapkan sebanyak 26 unit untuk mempercepat proses keberangkatan.

"Selain meja check-in, terdapat 6 unit mesin self check-in yang dapat semakin mempersingkat waktu penumpang dalam memproses keberangkatan," ujar Ibut.

Selain itu, Bandara Kertajati sudah dilengkapi 77 unit flight information display system (FIDS) yang menginformasikan jadwal penerbangan. Untuk memantau keamanan, bandara ini juga memiliki 294 unit CCTV.

Sementara itu, AP II juga telah menyiapkan fasilitas pendukung untuk pemeriksaan penumpang pesawat (security check point/SCP). Di antaranya 12 unit x-ray, 10 unit walkthrough metal detector (WMTD), dan puluhan handheld metal detector.

AP II, kata Ibut, juga mengoperasikan enam unit garbarata di Bandara Kertajati untuk menghubungkan terminal keberangkatan dengan pintu pesawat. Diharapkan, hal ini semakin mempermudah proses penumpang naik pesawat (boarding).

"Di area kedatangan, baggage handling system (BHS) dilengkapi dengan 4 baggage claim conveyor yang mengantar bagasi dari pesawat ke penumpang," tutur Ibut.

Keluar dari bandara, ada 11 operator transportasi publik yang melayani penumpang dari dan ke Bandara Kertajati. Saat ini, seluruh operator tersebut memberikan diskon tarif sebagai bentuk dukungan terhadap kesukesan operasional bandara di Majalengka tersebut.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/finance/makro/ap-ii-pastikan-bandara-kertajati-siap-layani-penerbangan-domestik/582105

No comments:

Post a Comment