Pages

Thursday, September 27, 2018

Liga Champions Akan Mulai Gunakan VAR Musim 2019/2020

NYON, iNews.id – Presiden Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) Aleksander Caferin mengungkapkan akan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada Liga Champions musim 2019/2020. Kebijakan itu keluar setelah para pejabat UEFA melakukan rapat di Nyon, Swiss, Kamis (27/9/2018) waktu setempat. 
 
Caferin juga mengungkapkan alasannya baru ingin memakai VAR musim depan guna memberikan waktu bagi pihak penyelenggara pertandingan termasuk wasit untuk beradaptasi. Dia juga berharap teknologi tersebut bisa membantu meminimalisir kontroversi yang terjadi di kompetisi paling elite di Benua Biru itu. 
 
“Kami yakin bahwa memperkenalkan VAR pada 2019 akan memberi kami cukup waktu untuk membuat sistem yang kuat. Selain itu, kami juga akan memiliki waktu untuk melatih match official,” kata Caferin kepada UEFA. 
 
Selain Liga Champions, Caferin mengatakan juga akan memakai VAR di ajang Piala Super Eropa. Sedangkan Liga Europa baru akan menggunakannya pada edisi 2020/2021. Tak hanya itu, VAR juga akan dipakai di Piala Eropa 2020. 
 
Teknologi VAR pertama kali diperkenalkan pada 2010 dan di ujicoba Federasi Sepak bola Belanda (KNVB). Teknologi itu lalu diterima Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan mulai digunakan di Piala Dunia 2018. 
 
Liga-liga top dunia seperti Jerman, Italia dan Spanyol juga telah menggunakan teknologi tersebut. Premier League kini tergiur menggunakan VAR namun masih sebatas uji coba di beberapa pertandingan. 

Editor : Abdul Haris

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/sport/read/262101/liga-champions-akan-mulai-gunakan-var-musim-2019-2020

No comments:

Post a Comment