Pages

Thursday, September 27, 2018

Menpar Yakin Target 17 Juta Kunjungan Turis Asing Tahun Ini Tercapai

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata optimistis target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing sebanyak 17 juta tahun ini bisa tercapai.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memperkirakan, jumlah kunjungan wisman di sisa lima bulan ini bisa bertambah 1,5 juta setiap bulan.

"Sampai Juli sudah 9 juta pengunjung yang ke Indonesia. Saya confident, kita bisa kejar 1,5 juta. Anggap 1,5 kali lima sisa bulan 7,5 juta. 7,5 tambah 9 juta jadi 16,5 juta. Target 17 juta," kata Arief di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Untuk mencapai sisa 500 ribu tersebut, Arief mengatakan pemerintah akan melakukan berbagai strategi termasuk memperkenalkan 10 destinasi wisata baru di luar Baru.

"Saya akan roadshow sendiri mulai tanggal 3 Oktober dan akan stay di Singapura. Saya juga akan ke China dan India untuk mencari 500 ribunya," ucap dia.

Untuk jangka panjang, mantan CEO Telkomsel itu mengatakan, infrastruktur pariwisata di Indonesia, terutama di luar Bali perlu di Bangun. Apalagi, pemerintah sudah menetapkan 10 destinasi wisata "Bali Baru".

Sepuluh "Bali Baru" itu yaitu Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

Arief mengatakan, pengembangan pariwisata tersebut membutuhkan investasi Rp500 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp300 triliun di antaranya untuk "Bali Baru" yang akan dibiayai 50 persen dari pemerintah dan sisanya swasta.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/finance/read/261929/menpar-yakin-target-17-juta-kunjungan-turis-asing-tahun-ini-tercapai

No comments:

Post a Comment