JAKARTA, iNews.id - Alvara Research Center melaporkan mayoritas generasi milenial menggunakan aplikasi lokal untuk transportasi, pesan-antar makanan, dan pembayaran. Namun untuk kategori aplikasi belanja online masih dikuasai oleh pemain asing.
CEO dan Pendiri Alvara Research Center Hassanudin Ali mengatakan, Go-Jek menguasai mobile e-commerce yang paling diminati milenial yaitu transportasi, pesan antar makanan, dan pembayaran. Sementara, Traveloka memimpin di kategori pemesanan hotel dan tiket.
"Kalau kita lihat dari sisi usia, responden berusia muda banyak yang gunakan aplikasi untuk e-commerce, transportasi, dan shopping," ujarnya dalam diskusi di Hotel Four Points, Jakarta, Selasa (9/7/2019).
Berdasarkan risetnya, mayoritas responden yang menggunakan aplikasi Go-Jek dan Grab menilai Go-Jek lebih bisa diandalkan dan lebih lengkap. Konsumen juga lebih banyak merekomendasikan Go-Jek daripada kompetitornya.
Kemudian, Traveloka menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan untuk pemesanan hotel dan tiket sebesar 79 persen dibanding Tiket.com dan Blibli.com. Pasalnya, situs penjualan tiket perjalanan ini menawarkan banyak promo.
"Traveloka juga lebih dipromosikan oleh milenial, ditunjukkan dengan nilai net promoter yang mengungguli pesaing," kata dia.
Namun, aplikasi dalam negeri rupanya kalah dari aplikasi asing dalam hal situs belanja online. Lazada berasal dari Singapura paling banyak digunakan oleh milenial di Indonesia mencapai 47,9 persen dibanding Shopee 32,2 persen, dan aplikasi asal Indonesia Tokopedia 15,4 persen dan Bukalapak 14,4 persen.
Milenial memilih Lazada karena menyediakan layanan COD (cash on delivery/bayar ditempat) sedangkan Shopee dengan ongkos kirim gratis. Sementara, Tokopedia dan Bukalapak dipilih karena menjadi aplikasi belanja terkenal.
Kendati demikian, Shopee dan Tokopedia Iebih direkomendasikan oleh milenial dibandingkan Lazada bila dilihat berdasar nilai net promoter.
Editor : Ranto Rajagukguk
https://www.inews.id/finance/makro/aplikasi-belanja-online-lokal-belum-menjadi-pilihan-generasi-milenial/589489
No comments:
Post a Comment