Pages

Monday, July 1, 2019

Kenali Gejala Penyakit Parkinson

Jakarta, CNN Indonesia -- Parkinson merupakan penyakit yang menyerang gangguan sistem saraf progresif. Gangguan pada sistem saraf ini lambat laun memengaruhi gerakan.

Gejala dan tanda penyakit Parkinson biasanya muncul berangsur-angsur dan memburuk dari waktu ke waktu. Tremor pada salah satu tangan kerap menjadi gejala awal Parkinson.

Pada tahap awal penyakit Parkinson, wajah biasanya menunjukkan sedikit atau bahkan tanpa ekspresi sama sekali. Lengan pun tidak terayun saat sedang berjalan. Suara yang keluar sering kali tidak jelas.

Tanda dan gejala penyakit Parkinson ini dapat berbeda-beda pada setiap orang. Berikut gejala dan tanda yang umum terjadi pada penderita Parkinson.

1. Tremor
Dikutip dari situs kesehatan Mayo Clinic, tremor atau gerakan yang tidak terkontrol pada anggota gerak seperti tangan atau ibu jari merupakan tanda dari Parkinson. Saat sedang tidak beraktivitas, tangan dapat gemetar tanpa sebab.

2. Gerakan melambat
Parkinson membuat gerakan menjadi lebih lambat. Tugas-tugas sederhana sering kali dilakukan dalam waktu yang lama dan menjadi lebih sulit. Misalnya, berjalan lebih lama dan langkah lebih pendek. Contoh lain adalah kesulitan saat berdiri dari kursi.

3. Otot kaku
Kekakuan otot dapat terjadi di salah satu bagian di seluruh tubuh. Otot yang kaku dapat menimbulkan rasa sakit dan membatasi gerakan.

4. Keseimbangan terganggu
Parkinson juga menyerang keseimbangan tubuh. Sering kali orang yang terkena Parkinson hilang keseimbangan. Postur tubuh juga bakal lebih bungkuk.

5. Hilang gerakan otomatis
Gerakan-gerakan bawah sadar atau yang bersifat otomatis dan refleks seperti mengedipkan mata, tersenyum, dan mengayunkan tangan saat berjalan sering kali tak terlihat pada orang dengan penyakit Parkinson.

6. Gangguan bicara
Kemampuan bicara juga ikut terpengaruh. Penyakit Parkinson membuat seseorang bicara dengan lebih lambat, ragu-ragu, dan sering kali tidak jelas.

7. Kesulitan menulis
Seseorang dengan Parkinson juga mengalami kesulitan dalam menulis. Tulisan mereka dapat berubah menjadi lebih kecil dan buruk.

Hingga saat ini, Parkinson tidak bisa disembuhkan. Akan tetapi, obat-obatan dapat mengurangi gejala secara signifikan. Jika Anda memiliki tanda dan gejala penyakit Parkinson, segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190701141923-255-407964/kenali-gejala-penyakit-parkinson/

No comments:

Post a Comment