Pages

Friday, July 19, 2019

Persaingan Usaha Tak Sehat, KPPU Buka Peluang Selidiki Gopay

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) membuka peluang untuk melakukan penyelidikan terhadap Gopay. Penyelidikan dilakukan terkait indikasi persaingan usaha tidak sehat yang dilakukan dompet elektronik lain, yakni Ovo. Komisioner KPPU Kodrat Wibowo mengatakan pihaknya akan melangsungkan investigasi terhadap Gopay jika menemukan suatu tempat yang memberikan kewajiban kepada masyarakat untuk membayar hanya dengan Gopay. "Kalau benar ada tempat parkir, mall, dan rumah sakit yang hanya mensyaratkan Gopay sebagai pembayaran selain tunai dan tidak bisa membayar dengan produk lain," ucap Kodrat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/7).Investigasi bisa dilakukan dengan inisiatif dari KPPU sendiri atau pengaduan masyarakat. Namun, sejauh ini KPPU belum mendapatkan keluhan konsumen dan tanda-tanda persaingan usaha tak sehat yang dilakukan Gopay.
Sementara itu, Kodrat menyebut penyelidikan atas Ovo masih terus berlangsung. Ia belum bisa berspekulasi terkait hasil investigasi karena masih dikaji oleh tim KPPU. "(Investigasi Ovo) masih dalam investigasi, dikaji dan dipelajari dulu oleh tim," terang dia. Penyelidikan terhadap Ovo, lanjut Kodrat, dilakukan atas laporan masyarakat tentang praktik diskriminasi salah satu pelaku usaha dalam pasar dompet elektronik. Ovo dijadikan satu-satunya alat pembayaran jika konsumen tidak mau menggunakan uang tunai. Adapun, Juru Bicara KPPU Guntur Saragih menambahkan bahwa seharusnya konsumen bisa dengan bebas menggunakan produk dompet elektronik ketika melakukan transaksi di pusat perbelanjaan dan tempat lainnya. "(Penyelidikan ke Ovo) karena ada perlakuan khusus pelaku usaha terhadap Ovo," ucap Guntur.

[Gambas:Video CNN]

Ketika disinggung apakah pelaku usaha yang dimaksud adalah Grup Lippo, Guntur enggan berkomentar. Hal yang pasti, KPPU masih melakukan penelitian mendalam atas dugaan tersebut. "Pelaku usaha dilarang melakukan upaya diskriminasi kepada pelaku usaha lain dalam kaitan posisi dominan yang ia miliki," pungkas Guntur. (aud/agt)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190719171819-78-413720/persaingan-usaha-tak-sehat-kppu-buka-peluang-selidiki-gopay/

No comments:

Post a Comment