Pages

Thursday, August 30, 2018

KPK Rahasiakan Identitas Pejabat yang Menolak Tiket Gratis Asian Games

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima laporan gratifikasi berupa pemberian tiket Asian Games 2018. Laporan tersebut disampaikan seorang pejabat yang menolak tiket gratis tersebut karena diduga masuk kategori gratifikasi.

"Direktorat Gratifikasi KPK telah menerima sebuah laporan penolakan gratifikasi. Laporan tersebut berisi, seorang pejabat melakukan penolakan terhadap pemberian gratifikasi berupa tiket Asian Games secara gratis," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (30/8/218).

KPK enggan membeberkan nama pejabat dimaksud karena lembaga antirasuah itu wajib melindungi dan merahasiakan identitas pelapor. Namun, jika pelapor tidak keberatan, KPK bisa saja mengumumkan ke publik.

BACA JUGA:

KPK Dalami Laporan Gratifikasi Pejabat Minta Tiket Asian Games

KPK: Ada Pejabat Dilaporkan Terima dan Minta Tiket Asian Games

Dengan begitu, KPK mengimbau kepada seluruh pejabat yang menerima gratifikasi berupa tiket gratis Asian Games untuk segera melapor. Pelaporan tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi GOL (Gratifikasi Online) yang dapat diunduh di Android dan IOS. Pelapor juga dapat mengakses laman gol.kpk.go.id.

"Jadi pelapor tidak perlu khawatir menyampaikan laporan, baik langsung ke KPK ataupun melalui aplikasi dan surat," tutur Febri.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya juga menerima laporan mengenai permintaan tiket gratis oleh pejabat tertentu. Menurut Agus, para pejabat yang bersangkutan meminta tiket Asian Games kepada panitia penyelenggara.

"Kami terima laporan ada pejabat minta tiket ke panitia. Dan ada BUMN yang borong tiket untuk diberikan kepada para pejabat itu,” kata Agus kepada iNews.id, Selasa (28/8/2018).

Kendati demikian, Agus enggan mengungkapkan kasus itu lebih perinci. Menurut dia, saat ini KPK masih mendalami dan menyusuri kebenaran laporan tersebut. “KPK sedang mendalami laporan,” kata Agus.

Editor : Azhar Azis

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/231637/kpk-rahasiakan-identitas-pejabat-yang-menolak-tiket-gratis-asian-games

No comments:

Post a Comment