Pages

Thursday, August 30, 2018

Eks Wapres AS Joe Biden Pimpin Upacara Penghormatan untuk John McCain

PHOENIX, iNews.id - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan memimpin upacara penghormatan kepada Senator Partai Republik yang juga calon presiden AS tahun 2008, John McCain, Kamis (30/8/2018). Upacara penghormatan akan dilakukan di Gereja Baptis North Phoenix, Arizona.

McCain meninggal dunia pada Sabtu pekan lalu di usia 81 tahun akibat kanker otak yang dideritanya sejak setahun terakhir. Dia akan dimakamkan Sabtu (1/9/2018) setelah disemayamkan di Gereja Katedral Nasional, Washington.

Pada Rabu, ribuan warga rela antre berjam-jam di bawah terik matahari untuk memberikan penghormatan terakhir kepada sang veteran.

McCain merupakan jenderal bintang empat yang pernah menjadi tahanan perang Vietnam selama lebih dari lima tahun. Pada Oktober 1967, pesawat tempur yang diterbangkannya ditembak menggunakan rudal Uni Soviet oleh tentara Vietnam Utara saat melintas di langit Hanoi. Dia berhasil keluar melalui kursi pelontar, namun kemudian ditangkap.

Baca Juga: Kisah Pesawat John McCain Ditembak Jatuh Tentara Vietnam

McCain dibebaskan pada 1971 melalui perjanjian damai di Paris, Prancis. Namun sejak itu dia tak bisa lagi menjadi pilot pesawat tempur karena luka, baik akibat saat pesawatnya jatuh maupun siksaan selama di tahanan.

Setelah itu, McCain terjun ke politik dan menjadi Senator dari Arizona, tempat kelahiran istrinya, Cindy.

Sejak dua tahun terakhir, hubungan McCain dengan Presiden Donald Trump memanas, meskipun keduanya dari Republik. McCain beberapa kali mengkritik kebijakan Trump, termasuk saat dia maju dalam seleksi capres dari Republik pada 2015. Saat itu, McCain mengecam pernyataan Trump soal imigran Meksiko.

Baca Juga: McCain Meninggal, Trump Tolak Keluarkan Pernyataan Resmi Gedung Putih

Perseturuan keduanya berlanjut hingga tahun ini, yakni terkait penunjukan Gina Haspel sebagai direktur CIA, menggantikan Mike Pompeo yang diangkat menjadi menlu.

Baca Juga: John McCain Tak Ingin Donald Trump Hadir di Pemakamannya

Akibat perseturuan itu pula Gedung Putih tidak mengeluarkan pernyataan belasungkawa resmi dari negara. Trump hanya menyampaikan duka secara pribadi melalui Twitter. Keluarga mendiang McCain juga memutuskan tidak akan mengundang Trump saat upacara pemakaman.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/231437/eks-wapres-as-joe-biden-pimpin-upacara-penghormatan-untuk-john-mccain

No comments:

Post a Comment