Pages

Friday, August 31, 2018

Pengamanan Penutupan Asian Games di GBK Dibagi Empat Ring

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamanan untuk upacara penutupan Asian Games 2018 akan dibagi menjadi empat ring. Kawasan yang jadi fokus pengamanan tersebut akan diamankan 9.442 personel gabungan dari mulai TNI, Polri hingga Satuan Polisi Pamong Praja.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, ring satu adalah kawasan dalam Gelora Bung Karno di mana terdapat tamu-tamu penting (VIP), termasuk bos Alibaba, Jack Ma.

"Ring satu di dalam GBK yang menjadi petugas Panglima TNI, kan ada VIP di sana ada presiden. Katanya ada Jack Ma," Kata Tito di Jakarta Timur, Jumat (31/8).


Sementara ring dua ada di kawasan luar GBK seperti di lintasan lari. Ring dua ini jadi tanggung jawab Polri untuk mengamankan. Begitu pula kawasan ring tig di Pasar Festiva di sekitar GBK.

Keberadaan Pasar Festival ini jadi pembuka jika dibandingkan dengan upacara pembukaan Asian Games 2018.

Selain itu, dalam upacara penutupan nanti, penonton di dalam GBK akan lebih banyak ketimbang pembukaan pada 18 Agustus lalu.

"Kalau pembukaan itu cuma ada 30 ribu orang karena sebagian besar ditutup dibagian belakang yang ada stage gunung itu ditutup dipakai untuk penonton," kata dia. 


Sedangkan, penutupan nanti di Stadion Utama GBK akan diisi 40 ribu orang. Oleh karena itu Polri akan melakukan pengaman extra untuk mengeluarkan petugas lebih dibanding acara pembukaan. 

"Untuk ring empat penjagaan di lalu lintas, maka dengan itu masyarakat dan Korlantas Polri akan menyampaikan terus menerus ke media, mana jalan yang akan ditutup," lanjutnya.


Pengamanan Penutupan Asian Games di GBK Dibagi Empat RingKapolri Jenderal Tito Karnavian. (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)

Sebelumnya, Kakorlantas Irjen Royke Lumowa mengatakan pengalihan arus bakal dilakukan di sejumlah titik yang berdekatan dengan lokasi GBK. Untuk arah Utara GBK yang diamankan adalah Pos Polisi Palmerah persimpangan dengan Lapangan Tembak Senayan.


"Di Selatan ada daerah Pakubuwono sekitar dan di sebelah Barat ada di sekitaran Jalan Tentara Pelajar-Patal Senayan. Sebelah Timur tidak ada yang kami tutup," ujar Royke.

Jalan pada saat penutupan bakal bebas dari mobil mulai dari Patung Sudirman hingga Pintu Satu GBK atau Fx Sudirman. Jalan yang dibuka hanya sekitaran Jalan Sudirman menuju Semanggi dan Gatot Subroto ke Samanggi serta ke arah Slipi Palmerah.


"Di sektor dua kami akan tutup persimpangan Gatsu dan Gerbang Pemuda depan TVRI persis sewaktu opening. Ring 2 dan Ring 1 sudah tidak ada kendaraan yang masuk," terang dia.


Selain titik vital penutupan Asian Games, polisi juga akan berjaga di titik kemacetan lainnya di luar area. Beberapa titiknya ada di Semanggi, Pancoran, Kuningan dan Bundaran HI.

"Ada juga Slipi Palmerah sampai ke CSW dan Fatmawati kurang lebih 1800 personel," tutup Royke (sur)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180831163510-20-326599/pengamanan-penutupan-asian-games-di-gbk-dibagi-empat-ring/

No comments:

Post a Comment