Pages

Thursday, July 4, 2019

Demokrat Sebut Pendiri Partai Tak Punya Hak Usul KLB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan anggota Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat tidak memiliki hak suara untuk mengusulkan Kongres Luar Biasa (KLB) dan mengevaluasi posisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di pucuk pimpinan.

"Kalau misal soal permintaannya KLB, pertama, itu tidak berdasar dan tak ada alasannya," kata Hinca di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Kamis (4/7).

Dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat, katanya, gelaran KLB bisa dilaksanakan bila ada persetujuan dari Majelis Tinggi Partai atau dari dua pertiga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan setengah (Dewan Pimpinan Cabang) DPC seluruh Indonesia.

Ia menyatakan Forum Pendiri Partai Demokrat tersebut sebagai wadah yang tak dikenal dalam AD/ART Demokrat untuk mengusulkan digelarnya KLB.

"Forum ini enggak dikenal karena itu kami abaikan dan tidak ada KLB," kata dia.

"[Forum Pendiri] Tidak punya hak suara. Yang punya suara itu adalah tadi saya sampaikan, yang mengajukan tentu orang-orang pengurus," tambahnya

Selain itu, Hinca mengatakan siklus kongres Partai Demokrat sendiri digelar rutin selama lima tahun sekali.

"Maka lima tahun berikutnya adalah bulan Mei 2020 dan siklus itu berjalan biasa saja dan saya pastikan tidak ada KLB," kata dia.

Anggota Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat, Hengky Luntungan menegaskan bahwa forum pendiri berhak mengajukan usul demi perbaikan Demokrat melalui KLB dipercepat

"Siapapun sah menyampaikan konsep sebagai solusi, apakah KLB dipercepat, rakernasus, silakan. Bukan menolak KLB, sebagai konsep yang diajukan," kata Hengky.

[Gambas:Video CNN] (rzr/arh)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190704142511-32-409088/demokrat-sebut-pendiri-partai-tak-punya-hak-usul-klb/

No comments:

Post a Comment