Pages

Thursday, July 4, 2019

Putra Tiri Najib Ditahan Terkait Skandal 1MDB

Jakarta, CNN Indonesia -- Riza Aziz, produser Hollywood sekaligus putra tiri mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, ditahan atas dugaan pencucian uang terkait skandal korupsi lembaga investasi 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

"Saya mengonfirmasi [Riza] sudah ditahan hari ini dan bebas dengan jaminan," ujar kepala badan anti-korupsi Malaysia, Latheefa Koya, kepada AFP pada Kamis (4/7).

Meski bebas dengan jaminan, Riza dipastikan akan hadir dalam persidangan besok, Jumat (5/7), dengan agenda pembacaan tuntutan.

Riza sendiri sudah beberapa kali diperiksa oleh Komisi Anti-Korupsi Malaysia (SPRM) terkait skandal korupsi 1MDB.

Ia merupakan produser film berbasis di Los Angeles sekaligus pendiri agensi Red Granite Pictures yang memproduksi sejumlah karya Hollywood, seperti The Wolf Of Wall Street yang dibintangi Leonardo DiCaprio, juga Dumb And Dumber To, hingga Daddy's Home.

Dilansir The Straits Times, Kementerian Kehakiman AS menuding Riza menggunakan lebih dari US$100 juta uang 1MDB untuk membiayai ketiga film tersebut.

Merujuk pada laporan Reuters, Red Granite juga disebut terlibat pembelian sejumlah aset menggunakan uang 1MDB. Aset itu kemudian disita oleh AS.

Perusahaan dikabarkan sepakat menutup kasus tersebut dengan membayar denda US$60 juta kepada pemerintah AS.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Riza dituduh menyalahgunakan dana 1MDB untuk membeli sejumlah properti mewah, termasuk kondominium di New York, rumah mewah di tengah Kota London seharga US$41,8 juta, dan hunian megah senilai US$17,5 juta di kawasan elite Beverly Hills.

Sejauh ini, Riza tak banyak berkomentar mengenai pemeriksaannya di SPRM. Ia hanya mengatakan bahwa dia tidak pernah "secara sadar" menggunakan dana curian 1MDB untuk membuat film-film tersebut.

Riza adalah teman dekat pebisnis Low Taek Jho alias Jho Low, yang disebut Kementerian Kehakiman AS sebagai otak skema pencurian US$4,5 miliar dana 1MDB. Hingga kini, Jho Low masih menjadi buronan aparat Malaysia dan kini disebut terlacak berada di Macau. (has)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20190704193512-106-409239/putra-tiri-najib-ditahan-terkait-skandal-1mdb/

No comments:

Post a Comment