Pages

Thursday, July 4, 2019

PSI Usul Debat Terbuka untuk Calon Wakil Gubernur DKI

Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan debat terbuka untuk melihat mutu kandidat Wakil Gubernur DKI Jakarta. Mereka menilai dengan cara demikian publik punya kesempatan mengenal dan menilai calon pemimpin mereka.

Juru bicara PSI sekaligus Wakil Ketua DPW PSI Jakarta, Rian Ernest, mengatakan pihaknya bersedia menjadi fasilitator jika usul debat tersebut diterima.

"PSI mengusulkan agar ada fit and proper test atau bahkan debat publik untuk menilai kualitas calon-calon Wagub yang diajukan Gerindra-PKS. Kalau mereka enggan mengadakan uji publik secara terbuka, demi kepentingan publik PSI bersedia menjadi fasilitator," kata Rian di kantor dalam jumpa pers di kantor DPP PSI, Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (4/7).

Posisi wakil gubernur DKI Jakarta kososng setelah ditinggalkan oleh Sandiaga Uno yang maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendampingi Prabowo Subianto. Sandi mundur sejak agustus 2018.

PKS dan Gerindra berhak mengajukan nama pengganti Sandiaga. Sudah ada dua nama yang masuk sebagai kandidat yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu dari PKS. Namun belakangan muncul Adhyaksa Dault, eks menteri pemuda dan olahraga era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang disebut berminat menduduki kursi wagub.

Rian mengatakan poin penting dari usul debat itu, adalah keterlibatan masyarakat. Dengan demikian, ia menilai figur yang terpilih nanti setidaknya dapat diketahui dan dinilai oleh warga.

"Kami pikir membuat sebuah debat atau paparan yang sifatnya satu jam, dua jam saja. Paling tidak warga ada gambaran, begitu ada gambaran, elite-elite politik akan mempertimbangkan aspirasi warga," katanya.

PSI Jakarta meyakini proses pemilihan wagub baru pengganti Sandiaga Uno tidak berjalan transparan. Dalam kurun satu bulan, mereka menganggap informasi yang diterima publik masih sebatas nama-nama belaka.

Mereka menuntut sosok wagub baru nanti dapat diketahui rekam jejak dan gagasannya dalam mengelola DKI Jakarta.

Kendati demikian, PSI mempersilakan Gerindra dan PKS sebagai partai yang berhak mengusung kandidat untuk membuka hasil fit and proper test yang sudah mereka lakukan.

"Kenapa nggak? Kalau fit n proper test ini bukan untuk posisi yang sifatnya bersifat intelijen, pertahanan, keamanan negara, atau terkait kekayaan sumber daya alam kita. Ini kan hal yang layak publik ketahui," pungkas Rian.
[Gambas:Video CNN] (bin/ugo)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190704192001-32-409224/psi-usul-debat-terbuka-untuk-calon-wakil-gubernur-dki/

No comments:

Post a Comment