Pages

Wednesday, September 26, 2018

Fenomena Langka, Paus 'Arktik' Beluga Muncul di Sungai Thames

LONDON, iNews.id - Paus beluga atau paus putih (Delphinapterus leucas) muncul dekat pelampung di Sungai Thames, dekat London. Pengamat mengatakan, habitat mamalia laut ini ada di Arktik yang jaraknya mencapai ratusan mil dari lokasi ditemukan.

"Tidak dapat dipercaya saya sedang menulis ini, tidak bercanda, (paus) beluga di Thames di luar Coalhouse Fort," kata pakar ekologi, Dave Andrews, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (26/9/2018).

Dari rekaman video yang beredar, tampak mamalia putih itu muncul di permukaan Sungai Thames dekat Gravesend, Kent. Penampakan itu merupakan sebuah fenomena langka.

Paus beluga muncul di Sungai Thames. (Foto: Reuters)

Sementara, Konservasi Paus dan Lumba-lumba menyatakan paus itu diduga tersesat dan muncul di Thames.

"Jelas dia (beluga) sedang tersesat dan kemungkinan sedang dalam masalah."

Saat paus muncul, tim Petugas Penyelamat Kehidupan Laut Inggris mendesak masyarakat agar tidak terlalu dekat dan menontonnya dari pantai.

Manajer lingkungan di Port of London Authority, Tanya Ferry, mengatakan belum jelas apa yang bisa dimakan oleh paus tersebut di dalam air. Dia khawatir paus langka itu akan memakan sampah di Sungai Thames.

"Kami memiliki banyak kantong plastik, yang bisa menjadi masalah," katanya.

Warga heboh dan mengabadikan momen tersebut. (Foto: Twitter)

"Kami berharap jika memberi ruang yang cukup dan mengawasinya, dia akan menemukan jalan sendiri keluar dari Sungai Thames ke lingkungan yang lebih tepat untuknya. Kami tentu tidak ingin orang mencoba menyelamatkannya," tambah Ferry.

Para konservasionis berharap gelombang besar akan membawa beluga ke perairan yang lebih aman.

"Ini merupakan penampakan paling selatan dari beluga yang pernah kita lihat di sekitar pantai ini," kata kepala sains dan konservasi di badan amal ORCA, Lucy Babey, seperti dikutip oleh surat kabar The Mirror.

Lucy mengatakan, penampakan terakhir paus beluga di perairan Inggris terjadi pada 2015. Saat itu, beluga tampak di lepas pantai timur laut Inggris dekat garis pantai Northumberland. Tak lama kemudian mereka pergi.

Sementara pada 2006, paus hidung botol utara ditemukan mati terdampar di Sungai Thames.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/259893/fenomena-langka-paus-arktik-beluga-muncul-di-sungai-thames

No comments:

Post a Comment