Pages

Friday, September 28, 2018

Sejumlah Menteri dan Kepala Daerah Masuk Timses Jokowi

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum telah merilis daftar tim kampanye pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Berdasarkan dokumen diunggah KPU, sejumlah menteri dan kepala lembaga di Kabinet Kerja terdaftar sebagai bagian dari pelaksana kampanye tingkat nasional.

Menteri yang terdaftar dalam dokumen tersebut, yakni Menkopolhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjanjo Kumolo, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, dan Menhub Budi Karya Sumadi.

Selanjutnya, Menaker Muhammad Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri ATR Sofyan A. Djalil, Menteri LHK Siti Nurbaya, MenPAN Syafruddin, Menteri PU Basuki Hadimuljono, dan Menperin Airlangga Hartarto.

Sementara kepala badan yang menjadi bagian dari pelaksana kampanye Jokowi-Maruf, yakni Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Selain menteri dan kepala badan, ratusan kepala daerah juga terdaftar sebagai pelaksana kampanye Jokowi-Maruf. Beberapa nama yang terdaftar, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Gubernur Maluku Murad Ismail, hingga Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Dalam dokumen dokumen tersebut, terdaftar juga ketum, sekjen, caleg, advokat, artis, pengusaha, hingga pensiunan PNS sebagai pelaksana kampanye. Total pelaksana kampanye pasangan Jokowi-Maruf yang dirilis sebanyak 5.279 orang.

Ragukan Tim Pesaing

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengakui selisih jumlah anggota tim pemenangan mereka dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno cukup besar.

Dari data yang telah diserahkan ke KPU, tercatat ada 5.279 yang terdaftar dalam tim kampanye Jokowi-Ma'ruf. Sementara dalam tim Prabowo-Sandi hanya 94 orang.

"Ya enggak cukuplah (kalau 94)," ujar Hasto di posko pemenangan Cemara, Jakarta.

Politikus PDI Perjuangan itu mengklaim tim kampanye yang 'gemuk' itu wujud gotong royong.

Hasto menyatakan, daftar tim kampanye itu diisi banyak tokoh dengan identitas yang jelas dan lengkap. Bahkan para caleg yang terdaftar pun dikerahkan sebagai juru kampanye di tiap daerah di Indonesia.

"Kami bukan kekuatan yang dimodali capres atau cawapresnya tapi kami gotong royong di mana partisipasi warga itu ciri yang utama dari kampanye Jokowi-Ma'ruf," katanya.

Selain mendaftarkan tim kampanye, pihaknya juga telah mendaftarkan sejumlah akun media sosial resmi tim kampanye Jokowi-Ma'ruf. Pendaftaran akun ini dinilai penting untuk menghindari sejumlah akun tak jelas yang memuat ujaran kebencian.

"Ya kami daftarkan sesuai ketentuan KPU. Kami ingin tertib karena apa yang dirancang oleh KPU itu upaya untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan kami dukung itu," katanya.

Berbeda dengan Jokowi-Ma'ruf, Prabowo-Sandi tak memasukan daftar caleg ke dokumen tim kampanye ke KPU. (pris)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180928162820-32-334034/sejumlah-menteri-dan-kepala-daerah-masuk-timses-jokowi/

No comments:

Post a Comment