Pages

Wednesday, September 26, 2018

Timnas Indonesia U-16 Bisa Makan Bebas Asal Lengkap

Jakarta, CNN Indonesia -- Makanan menjadi hal penting yang menunjang performa Timnas Indonesia U-16 pada Piala Asia U-16. Kendati demikian, anak asuh Fakhri Husaini masih mendapat kesempatan memakan makanan yang tergolong tidak baik bagi atlet.

Dokter Timnas Indonesia U-16 Dicky Muhammad Shofwan menjelaskan pentingnya makanan bagi atlet. Menurutnya makan tidak hanya memberikan rasa kenyang tetapi juga untuk pegkondisian, pemulihan, dan rehabilitasi bagi atlet.

Selama berada di Malaysia, asupan makanan untuk skuat Garuda Asia menjadi tanggung jawab pihak hotel tempat menginap dengan pengawasan dari Dicky.

Kendati demikian, pria yang sedang sekolah pendidikan dokter spesialis kedokteran olahraga di Universitas Indonesia itu mengaku tidak memberikan arahan khusus kepada juru masak hotel dan memberikan kebebasan pada para pemain untuk memilih makanan yang telah tersedia asalkan tetap memperhatikan asupan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, dan vitamin.

"Jadi memang kita memberi edukasi pada mereka [pemain], sambil jalan proses adaptasi secara gradual. Ketika baru bergabung, mereka menolak ketika dikasih makanan sehat. Porsinya dikit bahkan ada yang enggak mau makan. Jadi cara tersebut enggak efektif dan efisien. Untuk mengakali harus dicampur," terang Dicky kepada CNNIndonesia.com di Hotel Grand Dorsett Subang Jaya, Selangor, Rabu (26/9).

"Sekarang di sini [hotel] ada beberapa makanan yang kurang bagus. Saya bilang, 'kamu boleh makan yang kurang bagus tapi harus makan buah'. Misalnya kalau makan daging berminyak ya harus makan serat, makan buah atau sayur. Itu kompensasi," sambungnya.

Timnas Indonesia U-16 kini memiliki progres dalam mengonsumsi makanan sehat.Timnas Indonesia U-16 kini memiliki progres dalam mengonsumsi makanan sehat. (Dok. AFC)
Bahkan, menurut Dicky ada kalanya pemain pantas mendapat ganjaran menikmati makanan yang disuka seperti setelah menjalani pertandingan atau setelah melakukan latihan berat. Karena setelah momen-momen sulit, makanan bisa memberikan efek pemulihan secara psikis.

"Kalau habis pertandingan saya bebas mereka mau makan apa, mau makan berlemak juga oke. Karena mereka harus recovery otak. Setelah mereka bertanding, berjuang berat, ya sudah lah itu untuk recovery otak, lagian kan lemak itu kan terbakar karena mereka latihan rutin. Tapi bukan setiap hari makan yang lemak terus, seperti gulai atau gajeboh," tuturnya.

Dicky mengaku harus pandai melakukan pendekatan individu kepada pemain-pemain Timnas Indonesia U-16 yang pada awalnya belum memahami secara benar arti makan sehat. Namun setelah sembilan bulan bersama, pria 34 tahun itu mengaku ada perkembangan positif dari para pemain lantaran menjalani pola makan sehat.

"Di sini ada beberapa pemain yang konsisten soal makanan, dia ambil porsi besar, buah banyak, ada sayur, sekarang badannya jadi salah satu yang termasuk bagus, tinggi. Ada juga yang dulu cungkring sekarang kadar massa ototnya bagus, dan sekarang suka pamer otot," ujarnya menyebut beberapa pemain. (nva/sry)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20180927042641-142-333554/timnas-indonesia-u-16-bisa-makan-bebas-asal-lengkap/

No comments:

Post a Comment