Pages

Tuesday, September 25, 2018

Trump: Iran Harus Ubah Tingkah Laku sebelum Berunding dengan AS

NEW YORK, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan para pemimpin Iran harus mengubah tingkah laku sebelum mengadakan pertemuan bilateral. Kendati demikian, Trump berharap hubungan dengan Iran bisa berlangsung baik di masa depan.

Hal itu dia sampaikan di sela-sela pertemuan Sidang Umum PBB di markas PBB, New York, Selasa (25/9/2018).

Sebelumnya, Trump mencuit dirinya tak memiliki rencana untuk bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di sela-sela sidang umum PBB pekan ini.

Namun, Komentar Trump tentang Iran lebih keras saat dia berbicara kepada wartawan di Sidang Umum PBB.

“Iran bertingkah laku sangat buruk. Kami sedang melakukan banyak hal untuk menghadapi hal itu, termasuk memberlakukan sanksi-sanksi yang sangat besar. Sanksi-sanksi ini adalah yang paling berat yang pernah kami lancarkan," tandas Trump, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (26/9/2018).

"Iran harus mengubah perilakunya sebelum saya mau bertemu dengan para pemimpinnya. Mereka ingin bertemu dengan saya, tapi saya tidak akan bertemu dengan mereka sampai mereka mengubah tingkah laku mereka."

Trump yakin Iran akhirnya akan memilih untuk berunding dengan AS, karena tak memiliki pilihan lain.

"Kami akan senang kalau punya hubungan yang hebat dengan Iran, tapi hal ini belum akan terjadi sekarang.”

Namun, dalam wawancara dengan CNN di hari yang sama, Presiden Iran Rouhani membantah dirinya meminta pertemuan dengan Trump.

“Tidak ada permintaan seperti itu. Tidak tahun ini dan juga tidak tahun lalu," tegas Rouhani.

Menurut Rouhani, AS delapan kali meminta bertemu dengan Iran, namun dia berpendapat perundingan antara kedua pihak belum waktunya diadakan, tahun lalu maupun tahun ini.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Amerika Mike Pompeo menekankan AS berupaya menjadikan Iran negara yang lebih baik.

"Pemerintahan Trump sedang berusaha mendorong Iran menjadi sebuah negara yang normal dan tidak lagi menjadi negara sponsor teror yang paling besar di dunia," ujar Pompeo.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/259589/trump-iran-harus-ubah-tingkah-laku-sebelum-berunding-dengan-as

No comments:

Post a Comment