Pages

Sunday, July 7, 2019

Jenazah Sutopo Diterbangkan dari China ke Jakarta

Jakarta, CNN Indonesia -- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Guangzhou menyatakan jenazah almarhum Kepala Pusat Data dan Informasi, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (Kapusdatin BNPB) Sutopo Purwo Nugroho akan diterbangkan dari Guangzhou, China ke Indonesia pada Minggu (7/7) sore ini.

Jenazah akan diterbangkan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA899 pukul 15.45 waktu Guangzhou atau pukul 14.45 waktu Jakarta.

Seluruh proses pemulangan jenazah almarhum dipimpin dan disaksikan langsung oleh Konsul Jenderal RI di Guangzhou, Gustanto.

"Pesawat akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten pukul 20.30 WIB. Istri almarhum, Ibu Retno Utami Yulianingsih dan keluarga yang mendampingi juga menumpangi penerbangan yang sama," ujar Gustanto melalui keterangan resmi, dikutip Minggu (7/7).

Sutopo berada di Guangzhou sejak 15 Juni 2019 lalu untuk mendapat perawatan kanker paru-paru yang dideritanya di Guangzhou Modern Hospital. Namun, pada pukul 02.20 dini hari tadi, waktu setempat, almarhum menghembuskan napas terakhirnya.

Setibanya di Indonesia, jenazah rencananya akan dibawa ke rumah duka di Raffles Hill Blok i6, No.15, Harjamukti, Cimanggis, Sukatani, Tapos, kota Depok, Jawa Barat. Setelah itu, jenazah akan dibawa ke Boyolali, Jawa Tengah, untuk dimakamkan.

Saat menghembuskan napas terakhir, almarhum didampingi istri tercinta, keluarga terdekat dan komunitas warga Indonesia di Guangzhou.

Gustanto dan seluruh jajaran KJRI Guangzhou berada di rumah sakit untuk secara langsung mengatur kepulangan jenazah almarhum ke Indonesia. Proses pemulangan jenazah berjalan lancar dengan koordinasi KJRI Guangzhou dengan seluruh pihak terkait di China.

Sejumlah ucapan bela sungkawa disampaikan pejabat negara dan tokoh nasional atas kepergian Sutopo. Dalam keterangan tertulis Gustanto, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi disebut telah menghubungi istri almarhum pagi untuk menyampaikan duka cita dan bela sungkawa yang mendalam kepada pihak keluarga.

Presiden Joko Widodo juga turut menyampaikan rasa dukanya melalui akun instagram @jokowi.
[Gambas:Video CNN] (sfr/mik)

Let's block ads! (Why?)

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190707142033-20-409850/jenazah-sutopo-diterbangkan-dari-china-ke-jakarta/

No comments:

Post a Comment