Pages

Tuesday, September 25, 2018

Tenggelam 4 Abad Lalu, Kapal Perang Portugis Ditemukan

LISBON, iNews.id - Ilmuwan Portugal menemukan bangkai kapal perang yang diperkirakan tenggelam 400 tahun lalu. Kapal sudah tidak dalam kondisi utuh, namun benda-benda yang diangkutnya masih tampak utuh, seperti meriam perunggu dan porselen China.

Tim yang terdiri dari arkeolog dan ahli geofisika menemukan kapal yang belum diketahui namanya itu pada 4 September lalu setelah menjelajahi perairan di sekitar Kota Cascais, 26 kilometer sebelah barat Lisbon.

Bangkai kapal berada di kedalaman 12 meter dari permukaan air laut dan berserakan di area seluas 100x50 meter persegi.

Menurut ilmuwan, temuan ini akan mengungkap jejak masa lalu perdagangan Portugis.

"Kami menemukan kapal ini pada 4 September menggunakan survei geofisika dan dibantu para penyelam. Kami bekerja selama empat hari di lokasi ini," kata Jorge Freire, direktur badan arkeologi bawah air," dikutip dari The Guardian, Selasa (25/9/2018).

"Kami tidak tahu nama kapal ini, tetapi milik Portugis dari akhir abad ke-16 atau awal abad ke-17," katanya, lagi.

Hal ini didasarkan dari temuan meriam dengan lambang Portugis dan porselen milik periode Wanli yakni dari tahun 1573 hingga 1619.

Di lokasi, ilmuwan juga menemukan kerang cowrie, yang digunakan sebagai alat tukar budak.

Lebih lanjut Freire mengatakan, temuan ini membuktikan soal identitas Cascais sebagai kota maritim sejak lama.

"Seperti yang telah kami beri tahukan kepada penduduk di sini, ini adalah penemuan hebat dan kebesarannya terletak pada temuan artefak yang dapat mengungkap tentang lanskap budaya," ujarnya.

Benda-benda dari bangkai kapal akan diperiksa oleh direktorat jenderal warisan budaya Portugal untuk dikaji lebih dalam.

Wali Kota Cascais Carlos Carreiras menyebut, penemuan arkeologi ini merupakan yang paling penting dalam 10 tahun terakhir.

Meskipun identitas kapal belum diketahui, lanjut dia, namun ini sudah cukup untuk membuktikan mengenai sejarah kota di masa lalu.

"Ini adalah penemuan luar biasa yang memungkinkan kita untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah kota, memperkuat identitas dan nilai-nilai kebersamaan kita," kata Carreiras.

Penemuan ini terjadi 24 tahun setelah para ahli mengungkap keberadaan bangkai kapal Nossa Senhora dos Martires atau 'Our Lady of the Martyrs'. Kapal juga mengarungi rute rempah-rempah dan tenggelam di perairan Lisbon pada 1606.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/259069/tenggelam-4-abad-lalu-kapal-perang-portugis-ditemukan

No comments:

Post a Comment